Posted by : Sinta's World Feb 27, 2013


Jakarta - Perintah suara tidak hanya dimiliki oleh smartphone. Kini, browser internet besutan Google pun bisa diperintah melalui suara.

Ya, versi terbaru Google Chrome kini memungkinkan para pengguna browser tersebut untuk membuat email tanpa perlu mengetik pada keyboard, cukup mendiktenya melalui microphone yang ada pada komputer. 

Perintah suara ini sejatinya sudah diperkenalkan Google sejak Januari 2013 lalu, namun kala itu fitur ini masih sulit digunakan dan sering salah mengerti, tapi kini Google mengklaim sudah memperbaiki masalah tersebut.

"Versi stabil Chrome dengan dukungan API Web Speech telah dirilis. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh developer untuk mengintegrasikan suara ke aplikasi mereka Glen Shires, Software Engineer and Speech Specialist Google, seperti dikutip detikINET dari eweek, Selasa (26/2/2013).

Saat ini fungsi perintah suara itu memang masih sangat terbatas, namun Google percaya dalam waktu dekat fitur ini akan memiliki fungsi yang lebih luas. Apalagi web developer dibebaskan untuk mengembangkannya. 

Penasaran seperti apa? Silahkan cicipi Google Chrome terbaru versi 25.0.1364.97 atau mencicipi demonya melalui link berikut ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sinta's World - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -